Pentingnya Teknologi Cloud Computing Bagi Perusahaan Di Era Industri 4.0

 

 

Ocazone – Teknologi Cloud Computing di era industri 4.0 merupakan solusi yang trendi dan inovatif, dengan teknologi ini sebuah perusahaan dapat mengambangkan perusahaan tanpa harus memikirkan masalah IT lagi.

 

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah memakai Teknologi Cloud Computing seperti menggunakan VPS Indonesia Murah, Layanan Cloud Hosting, dll, karena teknologi ini merupakan sebuah layanan IT untuk pengguna secara fleksibel dengan server virtual berskala besar untuk mengelola data dan membantu perusahaan untuk menjalankan kegiatan. Selain itu teknologi ini perusahaan dapat menghemat waktu dan mencegah human eror.

 

Perlu anda ketahui mungkin banyak layanan Cloud Computing yang pernah anda lihat dan anda ketahui. VPS serta Cloud dan Shared Hosting mungkin sering anda dengar, biasanya banyak bertebaran di internet dan iklan. Namun Cloud Computing tidak hanya sebatas itu saja, ada beberapa layanan lain seperti Dedicated Server, Colocation, dll.

 

Bagi anda yang membutuhkan VPS Indonesia Terbaik anda dapat mencoba ardhosting, karena mereka memiliki pelayanan yang maksimal dan telah dipercaya banyak pengguna.

 

Cloud Computing bisa mengurangi investasi awal sebuah perusahaan dan memudahkan perusahaan untuk menjalankan program tanpa harus menginstal aplikasi dan memudahkan perusahaan untuk mengakses data dan informasi melalui internet. Namun harus anda perhatikan saat anda menyewa cloud server, pastikan anda memilih provider cloud server yang aman dan Terpercaya, salah satu penyedia enterprise private cloud server paling aman adalah CBNCloud.

 

Salah satu layanan Cloud Computing terbaik adalah CBNCloud yang menawarkan enterprise private cloud server terbaik indonesia sehingga perusahaan hanya perlu menyewa tanpa harus mengeluarkan biaya pemeliharaan.

 

Bagi anda yang ingin berlangganan Private Cloud dengan aman dan mudah di CBNCloud anda dapat mengirimkan inquiry via email ke sales@cbncloud.co.id

READ  Jaga mobil tetap aman, berikut cara kerja GPS tracker mobil dan fungsinya

 

Tipe Cloud Computing Berdasarkan Layanannya

Cloud computing bukanlah satu bagian dari teknologi seperti telepon genggam. Sebaliknya, cloud computing ini merupakan sistem yang utamanya terdiri dari tiga layanan yaitu:

 

Software-as-a-service (SaaS)

 

Diambil dari sumber Techradar, SaaS adalah sebuah perangkat lunak yang dijadikan sebagai suatu layanan dan bersifat online. SaaS ini biasanya diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand.

 

Infrastructure-as-a-service (IaaS)

 

Pengertian IaaS atau Infrastructure as a Service adalah jenis model layanan cloud yang pada dasarnya merupakan server fisik dan virtual server. Membeli hardware tambahan untuk IaaS tidak diperlukan, karena seluruh keperluan sudah tersedia dalam sistem cloud-nya. Penyedia layanan IaaS menyediakan resource cloud seperti server, jaringan, storage dan ruang data center.

IaaS merupakan layanan yang memungkinkan kamu menggunakan server tanpa perlu membeli komputer dan peralatannya secara fisik, melakukan pemeliharaan rutin, dan melakukan konfigurasi perangkat.

 

Platform-as-a-service (PaaS)

 

PaaS atau Platform as a Service adalah layanan Cloud yang disediakan dalam bentuk platform dan dapat dimanfaatkan pengguna untuk membuat aplikasi di atasnya. PaaS memberikan framework bagi developer yang dapat mereka bangun dan gunakan untuk membuat aplikasi yang telah disesuaikan.

Ketika anda menggunakan layanan model PaaS, Semua server, penyimpanan, dan jaringan dikelola oleh perusahaan atau penyedia pihak ketiga. Namun para developer dapat mengelola manajemen aplikasi.

READ  UKM Intermedia AMIKOM Purwokerto Sukses Menggelar IITC 2021

 

Kelebihan Teknologi Cloud Computing

Penggunaan teknologi cloud computing ini memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi bisnis perusahaan, diantaranya sebagai berikut ini:

Hemat Biaya

Alasan terbesar bagi perusahaan yang berpindah ke cloud saat ini adalah karena cloud ini dapat menghemat biaya. Penggunaan cloud computing ini sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

Efisiensi dan Skalabilitas yang Tinggi

Salah satu manfaat utama dari cloud computing adalah kemampuan untuk scale up and down sesuai dengan tuntutan real-time. Apabila bisnis membutuhkan lebih banyak RAM, ruang hard drive atau pun CPU, masing-masing bisa ditambahkan dengan cepat.

Pengguna tidak perlu membeli RAM baru, tetapi cukup meminta pada cloud provider untuk menambah atau memperbarui beberapa Gigabyte saja. Selebihnya, pengguna bisa mengurangi atau downgrade RAM ke spesifikasi semula.

Penggunaan yang Fleksibel

Ketika data yang dimiliki terlalu besar ukurannya, maka cloud secara otomatis bisa menambah kapasitasnya hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu melakukan penambahan jumlah komputer. Selain itu, karena terdapat data yang tersimpan di dalam server pada internet, maka akan mudah bagi pengguna untuk mengakses data di manapun dan kapanpun asal komputer atau PC mereka terhubung dengan koneksi internet.

 

Data Terpusat di Server

 

Banyak perusahaan yang beralih ke cloud computing ini karena pengguna bisa mengakses mesin cloud-nya dari mana saja selama tersambung dengan akses internet.

Misalnya, apabila pengguna yang memiliki data di cloud server yang sudah melakukan sinkronisasi antara komputer di perusahaan dan di smartphone, maka ia dapat mengakses data tersebut di waktu yang sama karena data itu sudah menggunakan server berbasis cloud.

READ  Download Zombie Pilot Tools Pencari Blog Zombie Blogspot

 

Tingkat Keamanan Jauh Lebih Tinggi

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyimpanan file dan data di cloud itu berarti membuka bisnis mereka pada risiko keamanan. Padahal sebenarnya solusi cloud pada saat ini memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan solusi on-premise.

 

Aksesibilitas yang Tinggi

 

Sejak hadir dan beredarnya cloud di dunia maya, maka pengguna bisa mengakses apapun dari jarak jauh tanpa harus datang ke kantor. Hal ini sangat membebaskan pengguna melakukan bisnis dimanapun dan kapanpun.

 

Kekurangan Cloud Computing

 

Penggunaan teknologi cloud computing memang memberi banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan. Namun teknologi ini juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

 

Bergantung Pada Koneksi Internet

 

Internet merupakan jalan satu-satunya untuk mengakses cloud computing. Ketika tidak adanya koneksi internet di tempat Anda, secara otomatis akses ke cloud computing akan terputus. Dari sinilah hambatan terbesar yang tengah terjadi di Indonesia, karena belum semua seluruh wilayah telah terjangkau oleh akses internet.

 

Harus Mencari Vendor yang Sudah Standarisasi untuk Menjamin Keamanan

 

Dalam menggunakan sistem cloud computing, Anda harus mempercayakan sepenuhnya keamanan dan kerahasiaan data-data Anda pada cloud provider. Untuk itu, Anda harus mencari partner cloud computing yang mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamanannya.

 

BCG(Boston Community  Group) menyarankan 6 strategi untuk mendorong adopsi cloud computing di Indonesia. Pertama, menyelaraskan adopsi cloud computing dengan visi perusahaan. Kedua, menentukan jalur paling efisien dan efektif dalam bermigrasi. Ketiga, memahami pentingnya adopsi cloud computing. Keempat, membangun talenta digital secara internal maupun eksternal. Kelima, menjamin keamanan cyber di dalam cloud computing. Terakhir, membangun arsitektur masa depan yang andal.

Originally posted 2022-03-30 04:58:56.