Cara Mengatasi MacBook Pro Tiba-Tiba Mati atau Restart Sendiri

5/5 - (3 votes)

 

Ocazone – semua alat komunikasi pasti tidak akan terhindar dari kerusakan, sebagus dan semahal apapun.

 

Salah satunya MacBook Pro, alat komunikasi yang satu ini juga dapat mengalami kerusakan. Meski jarang, tapi tetap ada yang mengalami masalah dimana MacBook Pro tiba-tiba mati atau restart sendiri.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, akan saya bahas di artikel ini. Namun sebelum melanjutkan, silahkan ada baca terlebih dahulu penyebabnya.

 

Penyebab MacBook Pro tiba-tiba mati dan restart sendiri

 

Ada beberapa penyebab atau faktor yang mempengaruhi, berikut ada beberapa penyebab MacBook pro tiba-tiba mati dan restart sendiri:

 

  • HDD, SSD MacBook bermasalah ataupun rusak
  • System Pembedahan Mac OS eror ataupun butuh update
  • Aspek panas yang berlebih( overhead)
  • Telat permbersihan logic board sehingga perputaran hawa serta panas yang dikeluarkan oleh prosesor tidak dapat terbuang sebab terhalang oleh debu, kotoran yang menumpuk serta melekat pada heatsink ataupun pada logic board.
  • Pasta prosesor kering( thermal pasta kering) berdampak panas yang dihasilkan oleh prosesor tidak dapat tersalurkan ke heatsink dengan sempurna.
  • Thermal sensor MacBook Pro bermasalah

 

Mengatasi MacBook pro tiba-tiba mati dan restart sendiri

 

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasinya, silahkan langsung saja simak pembahasannya sampai habis agar anda paham.

 

Cek HDD ataupun SSD MacBook

 

Awal yang butuh kita coba merupakan mengecek kesehatan HDD ataupun SSD MacBook Pro Kamu, dapat mengunakan Apple Hardware Test ataupun Apple Diagnostics dengan metode nyalakan MacBook kemudian langsung tekan serta tahan tombol D pada keyboard.

READ  Metode untuk mengunduh siaran langsung Instagram IGTV gratis

MacBook otomatis hendak mengecek seluruh hardware secara merata. Yang butuh Kamu jalani merupakan menunggu sampai proses pengecekan berakhir.

Ataupun dapat dengan metode melepas Hard Disk ataupun SSD. buat memeriksannya ke MacBook ataupun laptop lain buat membenarkan keadaan kesehatan HDD ataupun SSD dalam keadaan 100%.

Apabila hasil pengecekan kesehatan Hard Disk membuktikan hasil kurang dari 100% berarti HDD MacBook wajib lekas di ubah, apabila keadaan kesehatan HDD bagus berarti hambatan bukan pada HDDnya lanjutkan pengecekan ke langkah berikutnya.

Install Ulang Mac OS MacBook

Apabila Kamu tidak memiliki informasi berarti yang tersimpan di fitur MacBook Pro. Install ulang MacOS ialah metode sangat kilat serta gampang buat bisa membetulkan permasalahan MacBook Pro seketika mati ataupun restart sendiri. Sama semacam laptop yang mengunakan Windows, sehabis instal ulang MacBook hendak terasa lebih ringan serta kilat.

 

Bawa ke Tempat Service Center MacBook Terdekat

 

Jika anda sudah melakukan kedua cara di atas namun masih gagal, lebih baik anda membawanya ke tempat service macbook terdekat. Agar MacBook anda ditangani langsung oleh teknisi yang berpengalaman.

Cara ini juga dapat menghindari resiko kerusakan lainnya, karena dikerjakan oleh tenaga ahli di bidangnya.

Tinggalkan komentar