Ini loh 3 cara screenshot di laptop termudah

Ocazone – Screenshot atau tangkapan layar adalah sebuah istilah yang sering di dengar. sesuai namanya screenshot berfungsi untuk menangkap layar laptop, dan mengkonversikannya ke dalam bentuk gambar. Bukan hanya laptop anda juga dapat melakukan screenshoot di smartphone dan tablet, bahkan hampir semua pengguna smartphone sudah mengetahui cara untuk screenshot.

Bayangkan saja jika tidak ada screenshot di laptop, pasti semuanya akan sangat kacau. Apalagi perkembangan Tekno saat ini seakan-akan mewajibkan anda untuk melakukan screen shoot. Jadi fungsi screenshot di laptop sangat penting, karena terkadang kita membutuhkan tangkapan layar laptop. Misalnya saat kita membuat tutorial di laptop, membuat laporan, dan lain sebagainya. Sebenarnya cara screenshoot di laptop sangatlah mudah, tetapi ada beberapa orang yang belum mengetahuinya.

Cara Screenshot di laptop

Menurut Junior Tekno Ada 3 cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan screenshot di laptop, ketiganya sangatlah mudah. Namun ketiga cara untuk melakukan screenshot memiliki fitur yang berbeda-beda, dan ini dia 3 cara screenshot di laptop.

Cara screenshot di laptop menggunakan tombol print screen

 

Cara yang paling mudah untuk melakukan screenshot di laptop adalah dengan tombol print screen pada keybord. Cara ini sangat simpel namun memiliki beberapa kekurangan, berikut adalah tutorial screenshot di laptop menggunakan tombol print screen:

Buka layar atau tab laptop yang ingin di screenshot.

Kemudian tekan tombol print screen pada keyboard.

Lalu buka aplikasi yang mendukung import gambar, contohnya ms word, corel, photoshop, dll.

READ  Mudah! Ini dia cara setting kalibrasi pressure gauge

Sebagai contoh admin menggunakan ms word / wps document.

Cara screenshot di laptop

Kemudian paste hasil screenshot di ms word, bisa menggunakan shortcut ctrl+v atau klik kanan> paste. Maka layar yang kita screenshoot tadi akan muncul.

Screenshot di laptop

 

Kemudian sesuaikan gambar seperti memotong, mengubah ukuran, dll.

Screenshot di laptop

Jika sudah anda dapat menyimpan gambar tersebut dengan cara klik kanan pada gambar dan pilih save picture.

Screenshot di laptop

Dan langkah terakhir pilih folder yang akan anda gunakan untuk menyimpan, lalu tekan save.

Screenshot di laptop

Cara ini memiliki kekurangan seperti ukuran gambar yang terlalu besar, dan seluruh layar laptop tertangkap. Hal ini mengharuskan anda untuk memotong bagian yang tidak diperlukan, sehingga sedikit merepotkan anda. Namun dari sisi lain ini adalah cara screenshot di laptop termudah dan paling banyak digunakan saat ini.

 

Cara screenshot di laptop menggunakan tombol windows + print screen

 

Cara kedua untuk screenshot di laptop adalah dengan menggunakan tombol shortcut windows + print screen. Dengan tombol ini tangkapan layar anda akan secara otomatis tersimpan di menu pictures atau folder document. Anda hanya perlu menekan tombol shortcut tersebut dan memeriksa di folder pictures atau document, biasanya hasil screenshot masuk ke sana.

Namun sama seperti metode yang pertama screenshot layar laptop dengan metode ini masih berupa gambar layar full. Jadi anda masih perlu mengeditnya agar sesuai kebutuhan. Untuk mengeditnya anda memerlukan aplikasi tambahan seperti photoshop, ms word, corel, dll.

 

 

Cara screenshot di laptop menggunakan Snipping Tools

 

Dan metode terakhir untuk screenshot layar laptop adalah menggunakan tools snipping. Snipping tools adalah aplikasi bawaan windows yang berfungsi untuk menangkap layar atau screenshoot.

 

READ  Cara Mengatasi MacBook Pro Tiba-Tiba Mati atau Restart Sendiri

Kelebihan menggunakan snipping tools adalah dapat melakukan screenshot di laptop dengan ukuran custom. Jadi kita dapat menentukan ukuran dan bagian mana yang ingin kita screenshot, ini sepertinya lebih baik. Anda tidak perlu repot-repot mengedit ulang hasil screenshot anda karena sudah anda atur sesuai kebutuhan. Berikut adalah tutorial screenshot di laptop menggunakan snipping tools:

 

Pertama-tama buka aplikasi snipping tools, buka menu search dan ketikan snipping tools.

Screenshot di laptop

Jika sudah terbuka maka akan muncul tampilan awal snipping tools, seperti gambar di bawah ini:

Snipping tools

Kemudian tekan tombol Try & Sketch pada gambar di atas, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara screenshot di laptop

Kemudian tekan tombol new yang berada di pojok kiri atas, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Screenshot di laptop

Kemudian buat kotak di bagian yang ingin anda tangkap layarnya, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil screenshot di laptop

Sebenarnya anda juga dapat menggunakan tombol shortcut windows + shift + s untuk menjalankan aplikasi ini. Namun untuk pengetahuan admin membuatkan tutorial dengan membuka snipping tools secara manual.

 

Screenshot Laptop

 

Mudah kan cara untuk screenshot di laptop? Admin menyarankan gunakan cara yang menurut anda paling mudah. Atau cara yang anda anggap paling efektif karena semuanya bisa anda gunakan. Memang cara screenshot di laptop sedikit ribet jika dibandingkan dengan cara screenshot di smartphone. Tetapi meskipun agak sedikit ribet screenshoot di laptop sangatlah penting.

 

Dengan adanya fitur screenshoot laptop orang-orang dapat mempermudah pekerjaannya, tidak perlu memotret layar laptop dengan handphone. Biasanya screenshoot digunakan banyak orang untuk keperluan pembuatan laporan, tutorial (seperti proses pembuatan artikel ini) menyimpan info atau data yang tidak dapat disimpan, dan ain lain.

READ  Cara Membuat Video Explainer Menggunakan Microsoft Power Point

 

Meskipun sedikit ribet tetapi sebenarnya screenshoot di laptop sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan salah satu metode screenshot laptop yang tersedia di artikel ini. Mungkin masih ada cara lain untuk screenshot layar laptop, tetapi menurut admin 3 cara di atas adalah cara screenshot layar laptop paling mudah.

Originally posted 2021-08-04 08:48:40.