Ini dia cara merawat komputer yang baik dan benar

Rate this post

 

Ocazone.com Komputer  merupakan alat komunikasi yang banyak sekali digunakan saat ini. Komputer  memiliki jumlah pengguna paling banyak kedua setelah smartphone.

Dulu komputer banyak digunakan untuk pengetikan saja, namun dengan perkembangan teknologi komputer sudah mencakup banyak fitur. Dengan banyaknya fitur komputer sekarang memiliki pengguna yang sangat banyak, dan ari sekian banyaknya pengguna pasti ada yang mengalami kerusakan.

Untuk menghindari kerusakan maka anda harus merawat komputer anda dengan baik dan benar. Jika anda salah atau bahkan tidak merawat komputer anda sama sekali pasti komputer anda akan cepat rusak atau sering bermasalah.

Sebagai pemahaman komputer yang dirawat dengan baik dan benar tetap tidak akan terhindar dari kerusakan. Tetapi dengan merawatnya kita telah mengurangi resiko kerusakan pada komputer. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi juga seperti kualitas komputer, cara perawatan, dan pemakaian.

 

Cara Merawat komputer agar tidak cepat rusak

 

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk merawat komputer anda, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan. Cek yuk apakah anda sudah menerapkan perawatan komputer yang kami sebutkan, tinggalkan di kolom komentar ya list yang sudah anda gunakan sebelum membaca artikel ini.

Harap perhatikan bahwa kami tidak menjamin komputer anda tidak rusak jika sudah menggunakan teknik ini. Tetapi paling tidak dengan merawat komputer dengan baik anda dapat mengurangi resiko rusaknya komputer. Jadi pada intinya lebih baik mencegah daripada mengobati, jika komputer rusak ya beli lagi. Bercanda dikit lah biar ngga tegang, dan berikut adalah beberapa cara untuk merawat komputer yang baik.

 

1. Jangan paksa komputer dengan program yang berat terlalu lama

 

Cara merawat komputer

 

Terkadang kita terlalu lama menggunakan program-program yang berat seperti game online dengan jangka waktu yang lama. Ini harus anda perhatikan jika ingin merawat komputer, karena perlu anda ketahui bahwa hal tersebut dapat merusak komputer anda secara tidak langsung.

Ini termasuk perawatan komputer, karena saat anda mengoperasikan program berat terlalu lama komputer anda pasti akan sangat panas. Panas itulah yang berbahaya bagi komputer anda karena dapat menggangu hardware komputer anda. Anda harus memberikan jeda untuk perawatan saat komputer anda sudah panas, tunggu sampai dingin dan jalankan lagi program tersebut.

 

Untuk pembahasan lebih lanjut anda dapat membacanya di artikel ini Bahaya menjalankan program berat pada komputer beserta penanganannya

READ  Cara Memasang Alarm Anti Maling, Paling Ampuh!

 

2. Gunakan kabel ground

 

Kabel ground digunakan untuk perawatan komputer, berfungsi menetralkan arus listrik yang bocor ke bagian casing komputer anda. Inilah salah satu penyebab korsleting listrik pada sebuah komputer.

Untuk mengindari korsleting anda harus menggunakan metode perawatan komputer ini, listrik dan pemborosan sumber daya  dapat di cegah menggunakan kabel ground. Berikut cara penggunaan kabel ground:

  • Siapkan tanah, tempatkan dalam wadah seperti toples, cangkir, dll.
  • Siapkan kabel, tidak perlu panjang-panjang 1 meter aja cukup.
  • Kupas kedua ujung kabel.
  • Kaitkan ujung pertama kabel ke casing yang terdapat arus listrik.
  • Kemudian tanam ujung yang satunya ke dalam tanah.

Dengan ini listrik yang ada di casing komputer anda akan netral, karena tanah akan menetralkan listrik.

 

3. Shut Down komputer dengan benar

 

Cara merawat komputer

 

Tahukah anda bahwa cara mematikan komputer juga merupakan salah satu cara merawat komputer?. Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan beberapa orang yang asal-asalan saat hendak mematikan komputer. Padahal hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan komputer tersebut.

Mungkin anda salah satu pengguna komputer yang mematikan komputer dengan menekan tombol power pada CPU atau bahkan langsung mencabut kabel listrik dari stop kontak. Berarti anda belum merawat komputer anda denan baik, Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras dan system komputer anda. Karena jika anda mematikan komputer dengan cara di atas system dan hardware biasanya belum siap untuk dimatikan, atau mungkin ada aplikasi yang sedang berjalan.

Maka sebaiknya anda close dulu semua proses yang sedang berjalan lalu matikan komputer dengan benar sebagai bagian dari perawatan komputer yang benar. Anda dapat mematikan komputer di menu start>power>shut down, atau menggunakan shortcut ctrl+alt+delete tekan logo power dan shut down.

 

4. Bersihkan sampah penyimpanan secara berkala

 

Cara merawat komputer

 

Membersihkan sampah penyimpanan juga salah satu bagian perawatan komputer, jadi untuk merawat komputer anda dapat menghapus file-file yang tidak di perlukan agar komputer anda memiliki ruang yang lebih banyak. Jika penyimpanan komputer anda penuh biasanya kinerja komputer akan lambat dan cepat panas.

Ini tidak harus dilakukan setiap hari, tetapi cenderung ke perawatan komputer berkala. Jadi Jangan lupa bersihkan file-file di recycle bin karena jika tidak di hapus file tersebut akan tetap memakan memori penyimpanan. Namun jika anda merasa ada data yang penting di masa yang akan datang anda jangan hapus data tersebut di recycle bin, karena anda dapat mengembalikan data tersebut dengan fitur restore.

 

5. Bersihkan komputer secara berkala

 

Teknik merawat komputer yang baik selanjutnya adalah membersihkan komputer, ini berbeda perawatan komputer sebelumnya atau poin nomor 4. Biasanya komputer yang lama tidak dibersihkan akan menyebabkan penumpukan debu di bagian CPU. Bahkan jika terlalu lama tidak di bersihkan debu tersebut akan merekat pada komponen-komponen yang terdapat di komputer anda.

Debu-debu yang menempel di dalam CPU anda akan menggangu kinerja peripheral komputer anda, debu yang tebal juga dapat menyebabkan sirkulasi udara dari pendingin komputer tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan komputer anda cepat panas.

READ  Apa itu Surveyor? Pengertian, Tugas, dan Cara Kerja Surveyor

Ini juga termasuk perawatan komputer berkala, Minimal anda membersihkan komputer anda setiap 1 bulan sekali agar komputer anda bersih dan berjalan normal. Jangan sampai debu-debu dan kotoran menempel permanen di komputer anda karena terlalu lama di biarkan.

 

6. Gunakan UPS(unit processing system)

 

Cara merawat komputer

 

Untuk ini mungkin salah satu cara merawat komputer ekstra, karena membutuhkan perangkat lain. Jadi anda tidak di wajibkan tetapi jika melakukan perawatan ini maka akan lebih baik. UPS berfungsi sebagai penyimpan daya cadangan atau dapat di artikan sebagai power banknya Komputer. Jadi saat terjadi pemadaman secara tiba-tiba UPS akan bekerja sehingga komputer anda tidak langsung mati.

Biasanya UPS mampu menyimpan daya listrik cadangan untuk 2 jam setelah pemadaman. Bisa lebih dan bisa kurang tergantung jenis UPS yang anda miliki. Jadi dengan adanya UPS anda dapat menyelesaikan kegiatan di komputer anda dan melakukan shut down dengan baik.

 

7. Copot pemasangan Software yang tidak digunakan

 

Anda juga harus melakukan perawatan software, Jika anda memiliki beberapa software yang tidak anda gunakan lagi maka sebaiknya anda menghapusnya. Dengan ini anda akan membebaskan ruang penyimpanan dan mengurangi proses di komputer anda.

Jika terlalu banyak software yang anda install di komputer maka kinerja komputer akan semakin lambat. Teknik merawat software komputer ini juga penting, karena jika di abaikan dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk. Anda masih dapat menyimpan backupan file master atau file setup nya. Jika suatu saat anda membutuhkan software tersebut anda dapat menginstal ulang.

 

8. Scan dan update Antivirus secara berkala

 

Cara merawat komputer

 

Anda harus merawat komputer anda secara berkala dan teratur, khususnya di bagian scan Malware dan cek berkala update antivirus terbaru.. Antivirus adalah sebuah program yang sangat penting bagi komputer anda. Dengan antivirus komputer anda akan aman dari virus-virus berbahaya yang dapat merusak sistem dan perangkat komputer anda.

Salah satu antivirus yang terkenal adalah Avast Antivirus Avast membantu anda untuk merawat komputer. Karena Avast memang memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menangkal virus dengan baik, dan juga terdapat versi gratisnya juga.

Lakukan scan secara rutin dan lakukan update jika tersedia versi baru, ini merupakan salah satu cara merawat komputer yang cukup penting. Jika komputer anda tidak terpasang antivirus maka komputer anda akan mudah terjangkit virus.

 

9. Defrag Hard disk

 

Cara merawat komputer

 

Mungkin untuk bagian ini termasuk perawatan komputer yang jarang diketahui dan jarang di lakukan. Tetapi jika anda memiliki banyak sekali data dan anda menyimpannya secara terpisah maka saya sarankan anda melakukan defrag. Proses defrag adalah proses mengakses file secara lebih cepat dengan cara memproses penulisan ulang data menjadi satu bagian yang utuh.

READ  Cara edit dubbing suara seperti chanel Sisi Terang dan Calon Sarjana

Untuk proses defrag anda dapat menggunakan software Disk Defragmenter, dan berikut cara penggunaanya:

  • Masuk ke menu start
  • Pilih menu All Program
  • Pilih accessories
  • Pilih system tools
  • Klik Disk Defragmenter

Jika sudah masuk ke Disk Defragmenter silahkan anda tekan tombol analyze, nanti akan muncul tingkat fragmentasinya.

Jika tingkat fragmentasinya di bawah 10 % maka anda tidak perlu melakukan proses defrag, namun jika lebih dari 10% maka anda perlu melakukan defrag.

 

10. Aktifkan Fitur Restore

 

Cara merawat komputer

 

Ini juga perawatan komputer optional, tetapi anda mungkin perlu melakukannya untuk merawat komputer. Mengaktifkan fitur restore bertujuan untuk menjaga performa komputer. Untuk mengaktifkannya sangatlah mudah, berikut step by stepnya.

Klik kanan pada icon my desktop computers > Pilih Properties Tab System Restore > Unchecklist bagian Turn Off System Restore On All Drives.

Jika sudah di unchecklist maka komputer anda sudah mengaktifkan fitur restore, performa komputer anda akan terjaga.

 

11. Tutup program yang tidak terpakai

 

Dan selanjutnya anda juga dapat merawat komputer dengan menutup Program yang berjalan pada komputer anda. Karena Program tentunya akan memakan memori atau RAM. Hal ini dapat memperlambat kinerja komputer anda dan menjadi salah satu syarat terjadinya Deadlock.

Maka sebaiknya anda menutup seluruh program yang tidak dibutuhkan saat itu. Jadi anda hanya perlu membuka program yang anda butuhkan saja.

Ini juga salah satu penyebab terjadinya Not Responding, karena RAM komputer anda penuh. Anda dapat melihat proses yang sedang berjalan melalui task manager. Untuk membukanya klik kanan pada task bar dan pilih task manager. Jadi anda tidak boleh melewatkan teknik merawat komputer ini.

 

12. Tempatkan Komputer di area yang memiliki suhu sedang

 

Cara merawat komputer

 

Dan teknik perawatan yang bisa anda lakukan untuk merawat komputer agar awet yang terakhir adalah posisi komputer. Ini juga perlu anda perhatikan, anda jangan seenaknya menaruh komputer anda. Jangan letakan komputer di lokasi yang terlalu panas atau terlalu dingin. Perhatikan juga kelembaban, jangan letakan komputer di lantai atau tanah tanpa alas.

Kelembaban yang tinggi dapat merusak komponen hardware komputer anda. Bahkan bisa menyebabkan seluruh komponen hardware tersebut rusak.

Agar komputer anda tidak cepat rusak khususnya komponen hardware, anda harus merawat komputer agar tidak cepat rusak dengan menaruh komputer di tempat yang baik. Posisi yang baik adalah letakan komputer anda di tempat yang bersuhu sedang seperti di atas meja belajar. Atau jika memungkinkan letakan di meja khusu komputer.

 

Jadi ada beberapa cara untuk merawat komputer. Hal ini bertujuan untuk menjaga komputer anda dari kerusakan. Bahkan dapat memperpanjang umur komputer,karena penyebab rusaknya sudah di minimalisir. Ayo rawat komputer anda agar tidak cepat rusak dan gunakan teknil perawatan komputer yang sudah kami sediakan.

Demikian artikel tentang cara merawat komputer, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar