Cara Submit URL Di Google Yang Cocok Untuk Pemula

Cara submit URL di Google penting untuk mendongkrak ranking suatu website hingga muncul di halaman pertama hasil pencarian. Cara ini memang tidak banyak yang mengetahuinya. Namun, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah.

Maksud dari submit url adalah submit link page atau post dari suatu website. Dimana, page atau post tersebut berisi konten (bisa berusa artikel atau media). Nah, agar menunjang kecepatan index, anda butuh konten berkualitas yang bisa dibeli pada jasa penulis artikel.

Sebelum memahami cara mengaktifkan URL di Google, tentunya ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Misalnya, keterkaitan indeks URL dengan Google, proses indexing, hingga cara submit URL ke Google dengan manual.

Beberapa hal tersebut tentunya penting bagi Anda yang masih pemula. Jika Anda baru saja membuat situs web dengan domain baru, tentu artikel yang baru diposting tidak akan bisa langsung mendapatkan ranking pada halaman Google.

Apa Itu Indexing?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa indexing sangat berkaitan dengan cara submit URL di Google. Apa itu indexing atau Google indeks? Google index adalah suatu langkah dari penyimpanan serta  pengaturan konten yang dilakukan oleh Google.

Tidak hanya domain baru saja yang bisa mengalami masalah indexing. Bahkan, situs web dengan domain lama juga terkadang masih kesulitan mencapai halaman pertama Google karena bermasalah dalam hal indexing

Adapun proses indexing ini, dilakukan ketika Google sedang crawling atau menjelajahi berbagai situs web untuk mengumpulkan informasi yang diminta oleh pengguna internet. Nah, ketika proses indexing ini tidak bermasalah, add URL mestinya bisa dilakukan dengan mudah

READ  Tutorial Deface POC WPBF dengan tools wp xmlrpc Bruteforce

Berapa Lama Google Melakukan Indexing?

Cara submit URL di Google memang akan lebih mudah dipahami jika Anda sudah mengetahui banyak hal tentang indexing. Hal ini karena proses indeksing sangat berkaitan dengan kemungkinan submit URL.

Tak hanya itu, indexing juga dapat membuahkan hasil berupa rangking atau peringkat teratas suatu web. Lalu, berapa lama Google melakukan Indexing? Pertanyaan ini memang membuat kita penasaran.

Namun, sebetulnya tidak ada waktu pasti mengenai hal tersebut. Setiap web pada dasarnya memiliki timing indexing yang berbeda.

Bagaimana Cara Memastikan Web Sudah Terindex Atau Tidak?

Berdasarkan hasil studi, tanpa kita melakukan cara submit URL di Google, mesin pencari ini membutuhkan waktu sekitar 23 jam untuk melakukan crawling. Sementara itu, situs web dengan optimasi dan performa yang baik mampu diindeks oleh Google lebih cepat.

Yaitu, hanya membutuhkan waktu sekitar 14 menit saja. Untuk mengetahui suatu web memiliki indeks yang baik atau tidak, Anda bisa mengeceknya melalui Google Search Console lalu masukan domain dari web yang akan dicek.

Jika web Anda sudah memiliki indexing yang bagus, maka akan muncul simbol centang hijau dengan tulisan URL is on Google. Sementara itu, ketika web belum terindeks, maka akan muncul tulisan URL is not on Google.

Apakah Submit Manual Diperlukan?

Untuk submit URL ke Google, Anda bisa menggunakan Google URL shortener. Namun, apakah sebelumnya Anda sudah mengetahui seberapa penting submit dengan cara manual? Atau menunggu URL dari web Anda terindeks dengan sendirinya oleh Google?

Sebetulnya, untuk mendapatkan web yang sudah terindeks, Anda memang tidak perlu melakukan cara submit URL di Google. Hanya saja, menunggu sampai web terindeks dengan sendirinya membutuhkan waktu yang cukup lama.

READ  Macam macam Masalah Handphone Serta Cara Menanggulanginya!

Google bisa menemukan sendiri setiap web atau domain baru. Namun, waktunya tidak bisa ditentukan. Bagi Anda yang sudah menunggu cukup lama dan ingin memaksimalkan SEO, maka submit URL dan sebar link di Google sangat diperlukan.

Cara Submit URL di Google

Setiap pemilik web tentu ingin konten atau artikel yang diposting dapat dibaca oleh banyak orang. Hal ini nantinya bisa meningkatkan trafik, memunculkan adsense, hingga mencapai target dari konten itu sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan submit URL di Google supaya kemungkinan web Anda dikunjungi oleh pengguna internet semakin besar. Berikut cara submit URL di Google:

  • Daftar Google Search Console: ikuti instruksi pendaftaran dan lakukan verifikasi hingga selesai.
  • Submit sitemap: sitemap penting untuk membantu mesin pencari melakukan crawling dan mengindeks web Anda.
  • Share situs web ke media sosial: untuk mempercepat Google dalam proses crawling dan indexing, Anda bisa membagikan situs web atau konten menarik ke media sosial.
  • Cara ini memang mudah dan simpel sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak terkecuali bagi Anda, yang masih pemula. Melakukan langkah-langkah tersebut dengan baik dapat meningkatkan peringkat web Anda di Google.

Pentingnya Share URL

Banyak pengelola web yang masih meremehkan dan memandang sepele share URL. Padahal langkah sederhana ini bisa mendongkrak peringkat web Anda dalam hasil pencarian Google.

 

Tak hanya itu, share URL juga akan mempercepat proses indexing dan membuat web Anda semakin populer. Mulailah membagikan URL dari sekarang melalui media sosial atau WhatsApp ke teman-teman Anda.

 

Demikian informasi mengenai  indexing serta cara submit URL di Google. Karena mudah, Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri. Tertarik mencobanya?

READ  Cara Memasang Alarm Anti Maling, Paling Ampuh!