Bahaya menjalankan program berat terlalu lama pada komputer dan penangananya

Rate this post

 

Ocazone.com – Karena kebutuhan kita terkadang menjalankan program yang berat dan melebihi kapasitas komputer. Namun sebenarnya hal ini cukup berbahaya bagi komputer anda jika anda salah menjalankannya. Bahaya yang ditimbulkan jika anda salah menjalankan program berat akan merusak komputer anda secara perlahan.

 

Efek yang ditimbulkan mungkin tidak akan langsung terasa dan tidak merusak komputer anda secara langsung. Namun efek yang dirasakan terjadi secara bertahap mulai dari lag, kinerja melambat, dll. Berikut adalah beberapa bahaya menjalankan program berat terlalu lama pada komputer.

 

 

Bahaya menjalankan program berat terlalu lama

 

Ada beberapa bahaya yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak wajar. Penggunaan yang tidak wajar yang dimaksud adalah menggunakan komputer untuk menjalankan program yang melebihi kapasitas terlalu lama. Apa saja efek atau bahaya yang ditimbulkan adalah sebagai berikut:

 

Kerusakan Perangkat Keras (Hardware)

 

Hardware adalah komponen penting pada sebuah komputer. Hardware berfungsi memproses semua data dan menampilkannya . Tanpa adanya hardware sebuah komputer tidak akan berjalan, karena hardware adalah bagian inti.

 

Hardware sendiri memiliki kapasitas atau spesifikasi yang berbeda, biasanya menyesuaikan budget. Jika anda menjalankan program yang melebihi kapasitas maka kinerja hardisk akan semakin berat. Sama seperti manusia jika dipaksa mengerjakan sesuatu yang melebihi kapasitas pasti akan cepat rusak.

 

Bukan hanya Hardisk namun perangkat hardware lainya akan terpengaruh. Misalnya RAM, Prosesor, Chipset, VGA, dll pun akan terkena pengaruh buruk. Jadi sebaiknya anda harus pikir panjang dulu saat hendak menjalankan program yang melebihi kapasitas hardware.

READ  Ingin sanitasi kolam renang anda tetap terjaga? Gunakan kaporit dengan dosis ini

 

Melambatnya kinerja komputer

 

Ini masih bersangkutan dengan poin nomor 1 yaitu masalah hardisk. Memang hardisk tidak akan langsung rusak, namun akan rusak secara perlahan. Kerusakan yang akan terjadi pada hardisk biasanya ditandai dengan kinerja komputer yang semakin melambat.

 

Tidak hanya Hardisk namun komponen hardware lain seperti RAM, CPU, dan lain sebagainya juga akan mempengaruhi kinerja. Saat salah satu atau beberapa komponen hardisk bermasalah pasti kinerja komputer anda akan melambat.

 

Jika di ibaratkan manusia maka sebelum sakit pasti merasakan hal-hal yang aneh. Misalnya merasa tidak enak badan, pusing, atau mudah capek. Ini sama dengan hardware, hardware akan menunjukan bahwa dia akan rusak dengan kinerjanya yang melambat.

 

 

Komputer Cepat Panas

 

Jika anda menjalankan program berat terlalu lama maka komputer anda akan sangat panas. Hal ini dapat memicu kerusakan komponen lain dan jika terlalu sering komputer akan cepat panas. Bahkan panas yang ditimbulkan dapat menyebabkan terbakarnya kabel dan menyebabkan korsleting.

 

Seringkali terjadi insiden komputer yang terbakar atau mengeluarkan asap. Kejadian ini terjadi saat komputer bekerja dalam kondisi panas esktrem. Saat komputer super panas dan tetap digunakan untuk menjalankan program berat, maka salah satu komponen akan kalah dan menyebabkan komponen tersebut terbakar. Komponen yang sering mengalami hal ini adalah kabel dan komponen yang terbuat dari bahan plastik yang mudah terbakar.

 

Panas dari CPU juga dapat membahayakan kesehatan, dan akan membuat anda merasa pusing. Hal ini terjadi karena panas yang timbul oleh CPU bukan panas alami dan berasal dari panas yang tidak baik.

 

 

Salah satu penanganan terbaik

 

READ  Cara Mengatasi MacBook Pro Tiba-Tiba Mati atau Restart Sendiri

Penanganan terbaik untuk mengatasi hal ini adalah melakukan jeda secara berkala. Cara ini sangat efektif untuk menghindari resiko yang disebabkan. Jadi pada intinya anda dapat menjalankan program yang melebihi kapasitas asal jangan terlalu lama. Jika komputer anda sudah cukup panas maka jeda dulu programnya hingga komputer dingin.

 

Kemudian anda jangan langsung membuka program berat lagi setelah menutupnya. Berikan jeda sampai komputer anda dingin, jika sudah dingin lanjutkan lagi program anda. Atau anda dapat membuat patokan misalnya setiap 30 menit anda memberikan jeda 10 menit secara berkala.

 

Dengan cara ini komputer anda akan lebih awet dan anda dapat menghemat biaya servis. Jangan sampai anda mengabaikan cara ini jika anda ingin komputer anda awet.

 

 

Demikian artikel tentang bahaya menjalankan program berat terlalu lama dan penangananya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan tulis di kolom komentar.

Satu pemikiran pada “Bahaya menjalankan program berat terlalu lama pada komputer dan penangananya”

Tinggalkan komentar