Mengenal Social Media Listening Tools dan Bedanya dengan Social Media Monitoring

Istilah social media listening dan social media monitoring tak lagi asing dalam dunia marketing, khususnya di ranah digital. Tidak sedikit pula perusahaan yang menggunakan social media listening tools guna menunjang kegiatan social media marketing.

 

Meski terlihat mirip, tapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup kentara. Ada sejumlah perbedaan antara social media listening dan social media monitoring, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

 

Social Media Listening Punya Skala yang Lebih Besar

 

Jika dilihat dari cakupannya, social media listening memiliki skala yang lebih besar. Selain efektivitas keyword dan hashtag, Anda dapat memantau bagaimana perusahaan, produk, dan pasar terkait brand Anda yang sedang diperbincangkan di sosial media. Menariknya, Anda bisa memantau kompetitor lewat tools social media listening.

 

 

Social Media Listening Memiliki Tujuan yang Lebih Luas

 

Secara umum, tujuan social media monitoring adalah social selling dan social customer care. Sementara tujuan social media listening adalah bisnis yang lebih luas. Bahkan Anda dapat meningkatkan brand awareness, hingga menyusun campaign yang lebih tepat sasaran dengan target market Anda.

 

 

Untuk mencapai skala dan tujuan yang lebih luas, tentunya ada berbagai elemen yang harus dipantau dalam social media listening. Guna memperoleh hasil yang akurat, Anda butuh social media listening tools dari Matamaya yang akan membantu Anda menemukan percakapan audiens secara real time.

 

Itu dia artikel tentang social media listening dan social media monitoring, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

READ  Cara Mendapatkan Follower Instagram Secara Cepat