Gunung Merapi kembali erupsi, videonya terekam kamera

5/5 - (1 vote)

Ocazone – Gunung Merapi yang berada di Sleman Yogyakarta dan beberapa kabupaten di Jawa Tengah Kembali Erupsi.

Erupsi kecil yang disertai dengan guguran lava ini bahkan tercatat sudah terjadi sejak 4 Januari 2021.

Dilansir dari laman yogya.co pada hari Rabu (01/12/2021), juga telah terjadi banjir lahar dingin di kawasan Sungai Bebeng, Magelang akibat adanya aktivitas vulkanik di lereng Gunung Merapi.

Peristiwa ini pun menelan satu orang korban jiwa, yakni seorang sopir truk bernama Hendri Susanto (27).

Sementara itu, erupsi terakhir terjadi pada Senin (06/12/2021). Pada erupsi ini Gunung Merapi terpantau mengeluarkan tiga kali awan panas guguran serta lava pijar sejauh 1.800 meter.

Hanik Humaida mengungkapkan, awan panas guguran pertama terjadi pada pukul 16.09 WIB ke arah barat daya. Luncuran ini tercatat di seismograf dengan amplitudo 12 mm dan durasi maksimum 163 detik.

Lalu awan panas kedua terpantau meluncur pada pukul 16.44 WIB ke arah Kali Bebeng. Luncuran ini memiliki amplitudo 14 mm dan durasi 160 detik.

Awan panas kembali terpantau keluar dari Gunung Merapi pada pukul 17.24 WIB ke arah Kali Bebeng dengan amplitudo maksimum 199 mm serta durasi 163 detik.

Banyak media nasional maupun lokal yang mengupdate berita terkini erupsi gunung Merapi. Berdasarkan catatan BPPTKG, sebelum adanya awan panas itu, puncak Merapi sempat diguyur hujan sejak pukul 14.49 dengan total curah hujan 25 mm.

“Untuk itu, masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar dan awan panas guguran,” kata Hanik memberi peringatan, dikutip dari ANTARA pada Senin (6/12).

Status Merapi saat ini masih dalam level siaga lll dan tercatat masih berpotensi mengeluarkan awan panas dan lava pijar.

READ  Ditresnarkoba Polda Jawa Timur Gagalkan Penyeludupan 6 Kg Sabu Asal Malaysia

Berikut kami sajikan video detik-detik erupsi Merapi yang terekam kamera :

Tinggalkan komentar