Sembuhkan Pecandu dengan Rehabilitasi Narkoba, Berikut Tahapannya!

Rate this post

 

 

Narkoba memang menimbulkan rasa candu bagi siapapun yang menggunakannya. Jika belum pernah sama sekali menyentuh atau menggunakan Narkoba, sebaiknya tidak usah coba-coba karena akan membuat candu atau ketagihan.

 

Namun jika sudah terjadi dan sudah kecanduan, ada baiknya buru-buru dibawa ke tempat rehabilitasi narkoba. Ini harus sesegera mungkin, jangan sampai terlambat. Jika terlambat, pecandu narkoba tersebut menjadi sulit disembuhkan dan lebih parahnya meninggal.

Tempat atau rumah sakit yang menjadi tempat rehabilitasi untuk pecandu narkoba biasanya tersedia di setiap kota besar dan provinsi di Indonesia. Bahkan pendaftaran rehabilitasi online sudah bisa dilakukan untuk mendaftar di lembaga resmi Badan Narkotika Nasional (BNN).

 

Apa Sih Rehabilitasi Narkoba Itu?

Rehabilitasi narkoba merupakan cara pemulihan untuk memulihkan pengguna atau pecandu agar bebas dari narkoba. Proses rehabilitasi ini memerlukan waktu yang lumayan, tidak sebentar. Apalagi jika pasien telah kecanduan narkoba dalam waktu yang lama.

Seseorang yang sudah sampai pada tahap kecanduan narkoba, biasanya ditandai dengan munculnya gejala seperti selalu ingin mengkonsumsi narkoba dan keinginan untuk terus menambah dosis pemakaian setiap harinya. Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Pengguna juga ada, jadi sekali lagi lebih baik hindari daripada mengobati.

 

Tahapan Rehabilitasi Bagi Pengguna Narkoba


Untuk proses rehabilitasi narkoba sendiri itu terdapat beberapa tahapan, diantaranya tahap rehabilitasi medis (Detoksifikasi), tahap rehabilitasi non medis, dan tahap bina lanjut.
Berikut ini merupakan tiga tahap rehabilitasi yang harus dilalui pengguna menurut Badan Narkotika Nasional.

READ  Apa itu Rehabilitasi Narkoba ? Tahapan Rehabilitasi Narkoba

1. Tahap Rehabilitasi Medis (Detoksifikasi)

Tahap pertama yang harus dilalui oleh pecandu adalah rehabilitasi medis. Pada tahap ini, kesehatan pecandu, baik kesehatan fisik maupun mentalnya akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter.

Setelah diperiksa, dokter akan menentukan jenis pengobatan untuk membantu mengurangi gejala putus obat yang diderita pengguna atau pecandu. Pemberian obatnya bergantung pada jenis narkoba yang pernah digunakan juga tingkat keparahan gejala yang dialami pecandu.

2. Tahap Rehabilitasi Nonmedis

Pada tahap ini, pecandu narkoba akan mengikuti berbagai macam kegiatan pemulihan secara terpadu, terapi kelompok, konseling hingga pembinaan keagamaan atau spiritual.

Dengan adanya konseling, pecandu narkoba akan dibantu untuk mengenali masalah atau perilaku yang menyebabkan ketergantungan pada narkoba. Hal ini nantinya membuat pecandu dapat menemukan strategi untuk terlepas dari narkoba.

3. Tahap Bina Lanjut (Aftercare)

Tahap ini merupakan tahap akhir dari rangkaian rehabilitasi narkoba. Pada tahap ini, para pecandu akan diberikan kegiatan yang disesuaikan dengan minat dan bakatnya masing-masing, tujuannya adalah agar setelah menyelesaikan program rehabilitasi, mereka bisa kembali bekerja dan tetap produktif.

 

Demikian artikel tentang tahapan rehabilitasi narkoba, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.

Tinggalkan komentar