Apa Itu Inex? Lengkap dengan Efek Penggunaanya

Rate this post

Inex atau ekstasi merupakan salah satu jenis narkotika yang paling sering digunakan di Indonesia. Efek narkotika jenis ini bagi pemakai baru adalah berupa kesenangan secara emosional ataupun tenaga fisik.

Namun efek senang tersebut tidaklah bertahan lama, yang terjadi setelah beberapa jam kemudian justru pengguna tidak berdaya atau mengalami K.O.

Efek Pemakaian Inex

Inex adalah istilah populer untuk menyebut methylenedioxy-methamphetamine (MDMA). MDMA merupakan suatu obat kimia buatan untuk meningkatkan mood.

Beberapa jam setelah memakai obat ini, pengguna akan mengeluarkan aura positif yang luar biasa. Tapi, efek ini tidak akan bertahan lama. Banyak sekali efek negative yang akan dirasakan pengguna, baik efek jangka pendek maupun jangka panjang.

Efek Negatif Inex Dalam Jangka Pendek

Post-Ecstasy Hangover atau efek inex bagi pemula dalam jangka pendek akan dirasakan biasanya maksimal 24 jam setelah pemakaian, beberapa efek yang dialami pengguna adalah mual, diare, keringat berlebihan, hilang nafsu makan, haus, pikiran kacau, gelisah, pikiran negative, mudah tersinggung, ketakutan berlebihan, hingga kelelahan yang luar biasa. Efek ini biasanya bertahan 2 – 5 hari setelah pemakaian.

Efek Negatif Inex Dalam Jangka Panjang

Selain efek jangka pendek di atas, obat ini juga menimbulkan komplikasi sebagai efek jangka panjangnya. Berikut merupakan efek jangka panjang dari ekstasi.

Kerusakan Jantung Akut

Salah satu efek negative dari obat ini adalah kerusakan jantung yang parah. Penggunaan ekstasi jangka panjang membuat hormon norepinephrine berfungsi secara abnormal yang menyebabkan pembuluh darah pun melebar, denyut nadi jadi tidak teratur dan tekanan darah meningkat drastis. Hal ini mengakibatkan serangan jantung, stroke, atau yang lebih parah adalah kematian.

READ  Sembuhkan Pecandu dengan Rehabilitasi Narkoba, Berikut Tahapannya!

Penurunan Kemampuan Mental

Mental decline yang merupakan gangguan ingatan, halusinasi, kemunduran emosional, gangguan pemusatan perhatian, juga akan dialami oleh pengguna ekstasi jangka panjang. Hal ini tentu sangat berbahaya.

 

Kecenderungan Melakukan Hal Berbahaya

Penyalahgunaan ekstasi atau inex akan memiliki pikiran yang amat sangat positif. Hal ini menyebabkan mereka menganggap remeh berbagai kegiatan berisiko seperti berdiri di tempat tinggi, mengemudi dengan sangat cepat, dan kegiatan berbahaya lainnya.

 

Itu dia ulasan tentang pengertian inex dan efek bagi penggunanya, Ayo selamatkan generasi bangsa bersama Ashefa Griya Pusaka, sebarkan informasi baik untuk mereka yang memiliki ketergantungan NAPZA.

Tinggalkan komentar