Panduan Investasi Emas lengkap untuk pemula

Rate this post

 

Emas di zaman sekarang sudah buka hanya sebuah perhiasan saja, namun emas sekarang sudah dianggap sebagai pilihan investasi yang cukup menguntungkan. Investasi emas tergolong mudah dan cocok untuk pemula.

 

Selain mudah Investasi emas merupakan investasi yang paling aman dan memiliki resiko yang rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi lainya, seperti investasi bitcoin atau crypto, investasi properti, investasi saham, investasi reksadana, dll.

 

Emas memiliki harga yang cenderung stabil dan jarang terjadi penurunan yang signifikan, bahkan harga emas dapat dikatakan terus meningkat. Bahkan emas menjadi salah satu jenis investasi yang cukup populer, apalagi semenjak Pandemi muncul yang menyebabkan harga emas naik secara signifikan.

 

Selain faktor pandemi, naiknya harga emas secara terus menerus juga disebabkan karena semakin terbatasnya sumber daya alam penghasil emas. Oleh karena itu bagi anda yang ingin berinvestasi maka cobalah investasi emas, investasi yang paling aman dan cocok untuk pemula karena kemudahannya.

 

Cara Investasi Emas bebas resiko dan cocok untuk pemula

 

Ada beberapa cara dan tips yang bisa anda gunakan untuk investasi emas, mulai dari cara klasik hingga cara modern. Dan berikut adalah beberapa cara dan tips investasi emas bagi pemula.

 

 

Oke sebelum ke cara investasi emas kita akan membahas tips investasi emas terlebih dahulu, berikut ini adalah tips investasi emas.

 

 

Pastikan tujuan investasi emas

 

Jika anda hendak berinvestasi pasti anda memiliki tujuan tersendiri kan, jadi sebelum memulai berinvestasi emas pastikan terlebih dahulu apa tujuan anda berinvestasi. Bukan cuma investasi emas, semua investasi juga memerlukan tujuan yang dijadikan sebagai patokan.

 

Banyak sekali tujuan investasi seperti seperti tabungan pernikahan, pendidikan, properti(rumah, tanah, dll) ataupun investasi untuk hari tua.

 

Jika anda menginginkan investasi untuk jangka panjang maka investasi emas adalah investasi yang paling tepat, namun jika anda menginginkan investasi jangka pendek emas bukanlah investasi yang tepat bagi anda. Karena investasi emas adalah investasi jangka panjang yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Misalnya anda memiliki tujuan membeli rumah dalam 5 tahun ke depan, dan dari sekarang anda mulai menyisihkan gaji anda untuk berinvestasi emas. Anda dapat menggunakan metode tabungan emas yang akan dijelaskan dibawah. Jika dalam 1 bulan anda menyisihkan 500 ribu dari gaji anda maka dalam 1 tahun anda dapat mengumpulkan 6 juta rupiah pertahun, dan 6×5= 20 juta dalam 5 tahun.

READ  7 hal yang wajib anda perhatikan sebelum checkin di hotel

 

Inilah yang dinamakan tujuan investasi emas, jadi meskipun anda masih pemula di bidang investasi anda harus tetap memiliki tujuan investasi agar anda mudah untuk mengelolanya.

 

 

Pantau perkembangan emas secara berkala

 

 

Ini merupakan salah satu hal yang wajib bagi investor emas, khusunya yang menggunakan metode teknik klasik. Jadi anda harus mengikuti pergerakan harga emas secara terus menerus, jadi saat harga emas turun anda dapat membeli emas untuk menambah nilai investasi emas anda. Atau anda juga dapat menjual emas anda jika harga emas naik secara drastis dan memiliki selisih harga jual yang sudah menguntungkan bagi anda.

 

Namun sangat jarang sekali harga emas turun dan naik drastis, sehingga investasi ini lebih cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Terus kenapa harus mengikuti harga emas kalau ini investasi jangka panjang? Jarang sekali terjadi momen naik atau turunnya harga emas secara drastis, sehingga sangat disayangkan jika anda melewatkan kesempatan tersebut.

 

Belilah emas di tempat yang terpercaya

 

Ini juga termasuk hal yang paling penting saat anda ingin berinvestasi emas, karena banyak sekali penyedia investasi bodong atau ilegal yang tersebar di indonesia. Jadi anda perlu berhati-hati saat ingin membeli emas untuk investasi, belilah di tempat yang terpercaya.

Investasi Emas
Investasi Emas

Bagaimana cara membedakan investasi emas yang aman(legal) dan investasi bodong(ilegal), di indonesia sudah ada otoritas yang mengurus keuangan yaitu OJK(Otoritas Jasa Keuangan). Biasanya jasa-jasa investasi yang legal memiliki label OJK, namun anda harus teliti dan mengeceknya lagi di website OJK karena sering terjadi pemalsuan.

 

Selain itu anda juga direkomendasikan membeli emas resmi atau emas yang memiliki surat-surat, jangan membeli emas yang tidak memiliki sertifikat karena akan sangat beresiko. Salah satu tempat atau perusahaan yang direkomendasikan untuk investasi emas adalah di PT ANTAM, anda dapat membelinya di kantor cabang langsung atau membelinya di market place yang menjual emas resmi dari PT ANTAM. Atau jika anda ingin menabung emas anda juga dapat membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian, keduanya sama-sama terpercaya karena merupakan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara.

 

Pilihlah tempat menyimpan emas yang aman

 

Pemilihan tempat penyimpanan emas juga salah satu hal yang perlu anda perhatikan, jangan sampai anda menyimpan emas di tempat yanng salah karena anda dapat kehilangan emas anda.

READ  Ini dia daftar investasi yang paling menguntungkan dan cocok bagi pemula

 

Cara yang paling mudah dan aman untuk menyimpan emas anda adlah menyimpan emas di rumah sendiri menggunakan brankas atau safety box, dan simpan brankas tersebut di tempat tersembunyi seperti lemari kamar, laci kamar, dsb. Jangan simpan emas di tempat terbuka atau terjangkau orang asing atau tamu karena cukup beresiko.

 

Jika anda jarang di rumah entah sibuk kerja atau banyak kegiatan anda dapat menyimpan emas anda di SDB atau Safety Deposit Box yang disediakan pihak bank. Namun untuk menggunakan SDB tentunya ada biaya tambahan, namun anda juga dapat menyimpan berkas-berkas penting selain emas di SDB seperti sertifikat rumah atau tanah.

 

Keduanya terbilang cukup aman dan merupakan salah satu cara untuk investasi emas yang perlu pemula ketahui, tips ini dapat mengurangi resiko.

 

 

Oke sekarang anda sudah tahu tips-tips berinvestasi emas bagi pemula, selanjutnya anda harus mengetahui cara-cara investasi emas. Dan berikut adalah cara investasi emas yang aman bagi pemula.

 

 

Investasi Emas batangan dengan Teknik Klasik

 

 

Cara yang pertama ini adalah cara investasi emas yang paling simpel, sangat direkomendasikan untuk pemula karena cara kerjanya yang sangat mudah. Investasi Emas dengan metode ini adalah dengan membeli emas saat harganya sedang rendah atau turun dan menjualnya saat harga naik, pastikan jumlah selisih pembelian dan penjualan banyak karena itu keuntungan anda.

 

Misalnya anda membeli emas saat harga turun sebesar 100 ribu/gram, kemudian 1 minggu kemudian harga emas naik menjadi 150 ribu/ gram. Jadi selisih pembelian dan penjualanya adalah 150-100 = 50, keuntungan anda adalah 50 ribu (data ini hanyalah estimasi saja, bukan data yang valid).

 

Bagi anda yang ingin menggunakan metode ini anda harus memiliki kesabaran yang tinggi dan memiliki modal yang banyak, karena semakin banyak modal maka semakin besar pula keuntungan anda. Dan investasi teknik ini merupakan investasi jangka panjang, bisa 5 sampai 10 tahun untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

 

Membuat tabungan emas

Tabungan Emas
Tabungan Emas

Cara investasi emas yang kedua adalah dengan membuat tabungan emas, banyak sekali penyedia tabungan emas yang beroperasi di indonesia. Cara kerjanya hampir sama dengan tabungan pada umumnya, cuma yang membedakan jika biasanya menabung menggunakan uang ini kita menabung menggunakan emas.

 

Salah satu penyedia tabungan emas adalah gahanagriha.com, di sana anda dapat menabung emas dengan aman dan mudah.

 

Dan saat tabungan sudah terkumpul kita bisa ambil sebagai alat untuk membeli keperluan lain seperti membeli rumah, tanah, menikah, biaya pendidikan, dll.

 

Jika anda menggunakan konsep menabung emas maka anda tidak akan mengenal inflasi, jadi tabungan anda akan tetap utuh. Tabungan anda justru akan meningkat meski ada inflasi pada produk yang kita inginkan I masa depan. Hal ini dikarenakan kenaikan inflasi akan segera ditutupi dengan harga emas saat dikonversi menjadi emas dalam gram.

READ  Cara terbaik membersihkan puing sampah bangunan yang menumpuk

 

Gadaikan emas untuk modal usaha

 

Jika anda memiliki banyak emas dan anda ingin meningkatkan nilai emas maka anda dapat menggadaikan emas anda untuk modal usaha.

 

Namun anda harus benar-benar serius dan yakin bahwa usaha anda akan berkembang dan sukses, jangan sampai bisnis anda bangkrut karena anda dapat kehilangan emas anda baik sebagian maupun keseluruhan. Hal ini d terjadi karena jika bisnis anda bangkrut maka anda tidak memiliki uang yang cukup untuk menebus emas anda kembali. Jadi anda harus berhati-hati dan harus memikirkan matang-matang bisnis yang akan anda jalankan.

 

Namun jika bisnis anda berkembang dan sukses anda dapat meningkatkan jumlah emas yang anda miliki, anda dapat menebus emas anda kembali bahkan membeli emas lagi dengan jumlah yang banyak.

 

Jika bisnis anda sudah sukses dan berjalan dengan baik emas yang anda miliki dapat dijadikan aset dan modal lebih untuk mengembangkan perusahaan.

 

 

 

Keuntungan Investasi emas

 

Berinvestasi emas tentunya memliki keuntungan tersendiri sehingga banyak yang melakukanya, karena tidak mungkin orang-orang mau berinvestasi jika tidak menguntungkan. Dan berikut ada beberapa keuntungan investasi emas.

 

Melindungi kekayaan atau aset

 

 

Jika anda investasi emas berarti anda telah melindungi kekayaan anda, mengingat harga emas yang stabil dan cenderung meningkat. Misalnya suatu saat nanti terjadi inflasi atau krisis ekonomi, harga emas tidak akan turun drastis bahkan akan tetap mengalami kenaikan. Berbeda jika anda menyimpan kekayaan anda dalam bentuk tunai atau tabungan tunai, maka biasanya saat terjadi inflasi nilai mata uang akan ikut melemah.

 

Mudah dicairkan atau likuiditas yang tinggi

 

Keuntungan lainya dari investasi emas adalah likuiditasnya yang tinggi atau mudah dicairkan. Artinya emas mudah dicairkan ke dalam bentuk tunai kapanpun saat anda memerlukan uang tunai, tetapi anda harus memperhatikan harga atau jangan mencairkan emas saat harganya sedang turun.

 

 

Oke di atas adalah beberapa tips, cara, dan keuntungan investasi emas, semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua. Mari berinvestasi emas untuk jaminan masa depan, sisihkan sedikit penghasilan anda untuk berinvestasi. Bukan hanya investasi emas, anda juga dapat investasi bitcoin, investasi saham, investasi reksadana, investasi properti, dll. Terimakasih telah membaca artikel cara Investasi Emas untuk pemula semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Satu pemikiran pada “Panduan Investasi Emas lengkap untuk pemula”

Tinggalkan komentar