Kenali 3 Jenis Metode Riset Pemasaran Agar Bisnis Tepat Sasaran

 

Memasarkan sebuah Sebuah merupakan hal yang harus dilakukan agar mendapatkan banyak pelanggan, dan hal yang pertama kali dilakukan adalah mencari tahu target pasar dari bisnis yang anda tawarkan.

Maka dari itu terbentuklah beberapa metode yang sering digunakan untuk mencari tahu target pasar atau sering disebut riset pemasaran. Ada 3 jenis metode riset pasar yang cukup terkenal, yaitu Kuisioner, Focus Group Discussion (FGD), dan Survei.

Apa Itu Riset Pemasaran?

Sebelum ke pembahasan jenis metode riset pemasaran, anda harus paham dulu apa itu riset pemasaran, Riset pemasaran merupakan satu jenis metode atau cara untuk mencari tahu apa yang diinginkan oleh permintaan pasar oleh konsumen dan calon konsumen.

Secara bahasa Riset Pemasaran berasal dari bahasa inggris yaitu Research Marketing, yang berarti kegiatan penelitian sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan data, pengumpulan informasi, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian.

Tujuan riset pemasaran adalah untuk mengetahui dan menganalisis apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, pasar, dan pesaing. Riset pemasaran biasanya dilakukan oleh bagian marketing, atau bisa menggunakan jasa riset pasar online yang telah menggunakan tenaga ahli agar lebih maksimal.

Metode Riset Pemasaran yang Paling Populer

Setelah memahami maksud dari riset pemasaran, sekarang anda dapat melanjutkan ke metode riset pemasaran. Ada 3 metode riset pemasaran yang paling banyak digunakan, dan berikut ini adalah 3 jenis metode riset pemasaran.

Kuesioner

Metode riset pemasaran yang pertama adalah kuesioner, yaitu metode riset pemasaran dengan cara memberikan daftar pertanyaan tentang data yang kita inginkan dan diperlukan.

READ  Raup keuntungan dengan bisnis stiker, ini dia tipsnya

Namun sebelum memulai menyebar kuesioner anda harus menentukan calon responden, pastikan anda memilih responden yang tepat dan potensial agar hasil kuesioner lebih baik. Atau anda dapat menggunakan jasa sebar kuesioner karena banyak yang menyediakan jasa itu dan sudah ditenagai oleh tenaga profesional.

Anda tidak bisa memaksa responden untuk mengisi kuesioner, namun responden lah yang ingin mengisi kuisioner anda dengan ikhlas. Karena yang diperlukan adalah bukan seberapa banyak jawaban, tetapi seberapa tepat jawaban berdasarkan pendapat mereka secara jujur dan tanpa paksaan.

Focus Group Discussion

Metode riset pemasaran yang kedua adalah FGD (focuss group disscusion) yaitu metode riset pemasaran dengan membuat sebuah grup diskusi.

Dalam 1 group untuk riset pemasaran sebaiknya terdiri dari minimal 10 orang dan memiliki tugas masing-masing. Tugas yang dimaksud adalah moderator, peneliti, dan anggota. Moderator akan bertugas untuk mengarahkan jalanya diskusi, sedangkan peneliti bertugas merekam, mencermati, dan mencatat hal-hal penting dalam diskusi grup tersebut.

FGD juga bisa dilakukan dengan mengambil kelompok yang berbeda namun memiliki minat dan tujuan yang sama, hal ini bertujuan agar semua anggota kelompok dapat saling memahami satu sama lain.

Survei

Dan metode riset pemasaran terakhir dalam pembahasan kali ini adalah metode survey, metode ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan sederhana tentang bisnis yang sedang dilakukan riset.

Pemilihan responden atau narasumber bisanya dilakuan secara acak dan berdasarkan kesukarelaan, dan berbeda dengan kuesioner. Survey cenderung lebih sederhana dan singkat jika dibandingkan dengan kuesioner.

Survei dapat dilakukan secara daring maupun secara langsung di lapangan, dari segi efektifitas survei daring lebih unggul tetapi jika survey dilakukan secara langsung di lapangan juga tidak kalah bagus.

READ  Cara bayar di Alfamart menggunakan Shopeepay

Jika anda tidak ingin membuang-buang waktu dan ingin fokus ke hal yang lebih penting, anda dapat menggunakan jasa surveyor. Jika anda belum paham tentang surveyor anda dapay membaca artikel pengertian surveyor dan tugasnya terlebih dahulu.

Kesimpulan Riset Pemasaran

Dari apa yang sudah kita bahas dapat disimpulkan bahwa riset pemasaran adalah cara yang digunakan untuk mencari diinginkan oleh permintaan pasar oleh konsumen dan calon konsumen. Dilakukan secara sistematis oleh bagian marketing atau menggunakan jasa riset pemasaran profesional.

Terdapat juga 3 metode riset pemasaran yang paling populer dan paling banyak digunakan. Yaitu kuesioner yang merupakan metode riset pemasaran dengan cara memberikan daftar pertanyaan tentang data yang kita inginkan dan diperlukan. Kemudian ada FGD (Forum Group Discussion) yaitu metode riset pemasaran dengan membuat sebuah grup diskusi. Dan ada survei yang merupakan metode riset pasar dengan mengajukan pertanyaan sederhana tentang bisnis yang sedang dilakukan riset.

Originally posted 2021-11-26 09:17:17.