Hal yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis kuliner

5/5 - (1 vote)

Bisnis kuliner merupakan bisnis rumahan yang cukup menjanjikan, bahkan dapat dilakukan oleh siapapun termasuk ibu rumah tangga. Namun agar bisnis kuliner dapat berjalan dengan baik dan lancar kita harus memperluas jangkauan bisnis.

Dengan memperluas jangkauan bisnis kuliner, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan juga semakin tinggi. Bahkan perlu di ingat bahwa dengan meningkatkan jangkauan bisnis maka secara otomatis anda harus upgrade juga. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk upgrade atau baru akan memulai bisnis kuliner.

Survei, Riset, Kumpulkan Informasi Tentang Peluang Pasar

Sebelum memulai bisnis kuliner penting sekali untuk melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui peluang dari menu kuliner yang akan anda pilih. Caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis yang ada. Cek apa kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari sana dapat ditemukan peluang apa yang terbuka untuk Anda.

Adapun panduan serta penjelasan mengenai Survei Riset, Dan Kuesioner semuanya sudah saya bahas di artikel ini Metode Riset Pasar, silahkan Banda baca terlebih dahulu agar paham.

Resep / Rasa Makanan

Masih berhubungan dengan riset Anda harus mengetahui Resep atau rasa makanan yang disukai target konsumen anda. Sebagai contoh anda ingin menarget anak-anak remaja kampus, maka anda harus memiliki resep makanan yang memiliki rasa tertentu yang disukai oleh para mahasiswa.

Jangan sampai salah karena ini hal yang lumayan penting, bayangkan saja jika anda seorang mahasiswa. Anda tidak mungkin kan belanja di toko jilbab untuk ibu”, sedangkan di tempat tersebut adalah kompleks mahasiswa.

READ  Kenali 3 Jenis Metode Riset Pemasaran Agar Bisnis Tepat Sasaran

Merancang Rencana Kerja

Setelah melakukan riset dan menentukan resep atau rasa makanan, sekarang anda mulai memikirkan Rencana Kerja atau Business Plan. Akan seperti apa bisnis anda nanti, target keuntungan, omset, dll.

Dengan rencana kerja anda memiliki tolak ukur keberhasilan dalam mencapai target, karena pasti dengan usaha berarti anda sudah memiliki target.

Tentukan nama usaha

Nama usaha juga penting untuk diperhatikan sebelum memulai bisnis kuliner, anda harus menentukan nama usaha untuk keperluan branding. Branding adalah nama atau identitas bisnis, berfungsi sebagai tanda atau brand.

Perlu diketahui untuk menentukan nama brand, ada beberapa tantangan tersendiri yang mungkin dapat menghambat anda. Berikut beberapa hal yang dapat menyulitkan Anda saat mencari nama branding.

  • Harus menentukan nama brand yang unik (belum digunakan oleh orang/perusahaan lain)
  • Nama brand harus Menarik
  • Nama brand harus sesuai dengan bisnis dan mudah diingat
  • Menciptakan logo brand
  • Keterbatasan Ide
  • Dll.

Menyiapkan Modal

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kuliner dengan modal kecil sangat bervariasi, tergantung pada Business Plan yang Anda rancang. Bisnis kuliner dapat dimulai dari modal:

  • Ratusan ribu rupiah
  • Rp1 juta – Rp 5 juta
  • Rp5 juta – Rp 10 juta
  • Rp10 juta – Rp 50 juta
  • Rp50 juta – Rp100 juta

Pengembangan Usaha

Selagi menjalankan cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil, sebaiknya Anda juga memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner Anda. Tujuannya agar Anda bisa menjual lebih banyak produk dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Pengembangan usaha dapat dilakukan dengan cara :

  • Menambah menu-menu atau varian produk kuliner
  • Membuka cabang atau outlet baru
  • Memperluas outlet yang sudah ada
  • Merekrut tenaga kerja baru
    Menambah modal, dengan cara mengajak investor atau partner bisnis; atau pinjaman dari bank
READ  Faktor Utama Trading Mata Uang Kripto Memiliki Nilai yang Sering Berubah

Konsistensi

Dan tips yang terakhir adalah konsisten, anda harus konsisten dengan tujuan atau target anda. Karena bisnis akan terhambat dan akan cenderung menurun jika anda tidak konsisten.

Perlu diingat bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat ketergantungan dengan rasa, anda harus mempertahankan rasa khas dari bisnis anda. Untuk menjaga konsistensi anda, anda perlu melakukan beberapa perubahan yang berhubungan dengan pengembangan usaha.

Itu dia artikel tentang tips sebelum memulai bisnis kuliner, semoga ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar

 

Tinggalkan komentar