Cara membersihkan mesin cuci secara maksimal

Ocazone – Membersihkan mesin cuci adalah hal perlu dilakukan agar mesin cuci tidak cepat rusak dan tetap bersih, namun apakah anda yakin bahwa anda sudah benar-benar membersihkan mesin cuci secara maksimal?

 

Agar lebih jelas dan yakin anda dapat membaca tips membersihkan mesin cuci dari deminasi.com ini bisa anda jadikan referensi.

 

1. Bersihkan Sisa Sabun Detergen

Sisa detergen biasanya menempel pada tabung mesin cuci. Jika tidak dibersihkan, sisa detergen bisa membentuk kerak, karat, maupun jamur. Maka, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghilangkan residu detergen hingga tabung mesin cuci.

 

2. Bersihkan Noda pada Tabung Mesin Cuci

Setelah menghilangkan sisa detergen, biasanya masih ada noda yang menempel pada bagian dalam tabung mesin cuci. Untuk menghilangkan noda ini, kamu bisa memanfaatkan cairan pembersih khusus.

 

Kamu juga dapat menggunakan perasan lemon maupun larutan cuka untuk membersihkan noda pada tabung mesin cuci. Kamu bisa menambahkan baking soda pada perasan lemon ataupun larutan cuka supaya bakteri tidak berkembangbiak di dalam mesin cuci.

 

3. Bersihkan Penyaring atau Filter

Pastikan bagian tabung sudah bebas noda. Selanjutnya, bersihkan filter atau saringan mesin cuci. Kamu harus memastikan filter ini selalu bersih setiap selesai menggunakan mesin cuci.

 

Filter yang jarang dibersihkan sehingga tersumbat serat pakaian berisiko menimbulkan kebakaran. Selain itu, saringan yang tersumbat bisa menghambat kegiatan mencuci baju sehingga proses mencuci baju menjadi lebih lama.

READ  Pengertian Jenis dan Fungsi Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)

 

4. Bersihkan Laci Detergen

Jika mesin cuci kamu memiliki laci detergen, jangan lupa membersihkan bagian ini. Lepas laci detergen dari mesin cuci kemudian rendam dalam air hangat. Setelah itu, bersihkan dengan sikat dan keringkan. Apabila telah kering, pasang lagi ke mesin cuci.

 

5. Bersihkan Pintu Mesin Cuci

Cara membersihkan mesin cuci selanjutnya adalah menghilangkan kotoran pada pintu penutup mesin cuci. Pintu mesin cuci memiliki karet penutup yang berfungsi mencegah air keluar dari mesin cuci.

 

Namun, karet penutup ini justru bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran pakaian dan sisa detergen. Bersihkan pintu mesin cuci menggunakan lap basah setiap akan menggunakan menggunakan mesin cuci. Setelah mencuci pakaian, jangan lupa juga untuk mengelap kembali pada pintu mesin cuci.

 

6. Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Jangan lupa mengelap bagian luar mesin cuci. Gunakan lap bersama cairan pembersih, larutan cuka, atau baking soda untuk membersihkannya. Kamu harus memastikabn bahwa tidak hanya bagian dalam mesin cuci yang bersih, bagian luar juga harus dijaga kebersihannya.

 

7. Buka Mesin Cuci saat Tidak Digunakan

Membuka mesin cuci ketika tidak terpakai juga merupakan cara membersihkan mesin cuci. Jika mesin cuci dibiarkan tertutup ketika tidak digunakan, akan timbul bau tidak sedap karena udara tidak mampu keluar masuk dengan baik. Akibatnya, banyak kuman dan bakteri yang dapat tumbuh di dalam mesin cuci.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Membersihkan Mesin Cuci?

Mesin cuci sering bersinggungan dengan pakaian kotor. Oleh karena itu, ada banyak kotoran tak terlihat yang bisa mengendap pada mesin cuci. Jika kamu tidak membersihkannya secara rutin, kotoran yang mengendap bisa menyebabkan mesin cuci mudah rusak.

READ  Apa itu software house? Pengertian Software House dan layanannya

 

Sisa detergen yang menempel pada tabung mesin cuci juga membuat mesin cuci tidak awet. Terapkan cara membersihkan mesin cuci di atas untuk mempermudah pekerjaanmu, ya!